SKRIPSI

Penulis / NIM
RIHARTO A. ASARA / 411408089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK RIHARTO A. ASARA. Menerapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi limas. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Siswa yang diberi perlakuan kelas eksperimen berjumlah 32 siswa, sedangkan siswa yang diberi perlakuan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Masalah pokok dalam penelitian eksperimen ini yakni “ Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada limas “. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada materi limas. Untuk mengetahui pengujian hipotesis ini maka langkah awal yang dilakukan adalah pengujian homogenitas, setelah diketahui data berasal dari populasi yang homogen. Maka langkah selanjutnya adalah uji normalitas data, setelah diketahui data berdistribusi normal maka kita dapat menggunakan uji statistik parametrik. Selanjutnya kita dapat menggunakan uji t dengan kriteria pengujian Terima H_0 jika t hitung < t_((dk ; (1-?))) dimana t_((dk ; (1-?))) Dari penelitian ini diperoleh nilai t_hitung=5,637>t_tabel=1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima atau dengan kata lain hipotesis diterima yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran PQ4R dan Hasil Belajar Matematika Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011