SKRIPSI

Penulis / NIM
RINI ANGRAINI / 411408091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LIMBOTO PADA MATERI GEOMETRI BIDANG Oleh : Rini Anggriani 411408091 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Limboto dalam mempelajari geometri bidang serta faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Kesulitan-kesulitan yang ingin diketahui berkaitan dengan fakta,konsep,prinsip, dan skill dalam geometri bidang. Dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian sebanyak 39 siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes geometri bidang. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian tersebut adalah siswa yang tidak memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Data dikumpulkan dengan metode tes, angket, dan wawancara. Tes digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa yang berkaitan dengan fakta, konsep, prinsip dan skill. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 1 Limboto adalah (a) siswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan gambar dan simbol untuk mempresentasikan konsep, sehingga banyak siswa yang tidak dapat mengenali bangun datar yang disajikan dalam gambar; (b) siswa menggunakan caranya sendiri dalam menyelesaikan soal, seperti membuat rumus baru untuk menyelesaikan masalah keliling bangun datar, menggunakan konsep sifat-sifat pada segiempat dan penggunaan prinsip sudut dalam segitiga; (c) siswa mengerjakan soal langsung pada penyelesaian atau hasil akhir dan tidk menjelaskan terlebih dahulu mengenai informasi dan langkah-langkah pengerjaan. (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa SMP Negeri 1 Limboto dalam mempelajari geometri bidang berasal dari faktor intern yaitu kurangnya usaha usaha siswa dalam belajar geometri bidang (47,64%), kurangnya pemahaman terhadap konsep dan kecakapan dalam menyelesaikan persoalan geometri bidang (47,75% dan 49,35%), sedangkan untuk faktor ekstern yaitu penggunaan alat peraga dari guru belum dapat berperan secara optimal (46,15%). Kata kunci : Kesulitan belajar, Geometri bidang
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011