Penulis / NIM
ROSDIANA AMIN / 411408095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Rosdiana, Amin. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Group Investigation (GI) Pada Materi Belah Ketupat dan Jajar Genjang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Utama, Drs. Abas Kaluku, M.Si dan Pembimbing Pendamping, Dr. Abdul Djabar Mohidin M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di kelas VII-1 SMP Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan model Group Investigation (GI) dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 31 orang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, serta tes kemampuan komunikasi matematika.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 41,94% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan. Persentase ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh siswa yang dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 87,1%. Dengan demikian, model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada materi belah ketupat dan jajar genjang.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Group Investigation, Belah Ketupat dan Jajar Genjang.
Download berkas