Penulis / NIM
SENDY WULANDARI / 411408098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Abstrak
ABSTRAK
Sendy wulandari, 2012. Hubungan Cara Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Siswa (Suatu Penelitian Survei dengan Pendekatan Korelasional pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun Pelajaran 2011-2012). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universiatas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, (2) Drs. H. Karim NakiI M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang positif antara cara belajar matematika dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara cara belajar matematika dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruk siswa SMP Negeri 6 Gorontalo kelas VIII tahun pelajaran 2011-2012 sebanyak 382 orang yang tersebar pada 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportianate random sampling sebanyak 15% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 57 orang. Sebelum digunakan instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya kepada 28 orang siswa di luar sampel. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis anferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis deskriptif dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara cara belajar matematika dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada guru agar dalam pembelajaran matematika, mampu mempengaruhi siswa agar selalu menerapkan dan menciptakan cara belajar yang baik dan efisien, sehingga siwa dapat menerima dan memahami dengan baik materi pelajaran yang diberikan.
Kata kunci: Cara Belajar Matematika, Hasil Belajar.
?
Download berkas