Penulis / NIM
SETIA NINGSIH / 411408099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Abstrak
ABSTRAK
Setia Ningsih. Nim 411408099. Penerapan Alat Peraga pada Materi Volume Prisma Tegak dan Limas (Suatu Penelitian di SMP Negeri 8 Gorontalo). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa menggunakan alat peraga yang dipandu oleh guru dengan hasil belajar siswa menggunakan alat peraga berbantuan LKS, pada materi volume prisma tegak dan limas.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 kecuali kelas khusus (VIII-9) dengan jumlah 265 orang yang tersebar pada 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Porposive sampling. Sampel yang terpilih dikelompokkan dalam dua jenis pembelajaran yaitu pembelajaran menggunakan alat peraga yang dipandu oleh guru dan pembelajaran menggunakan alat peraga berbantuan LKS.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui lembar pengamatan pengelolaan guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data hasil belajar siswa dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan alat peraga yang dipandu oleh guru lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belar siswa menggunakan alat peraga berbatuan LKS, pada materi volume prisma tegak dan limas .
Kata kunci : Alat Peraga, Keefektifan Pembelajaran, Volume Prisma tegak dan Limas.
Download berkas