SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI RAHMI NINGSIH / 411408105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
SRI RAHMI NINGSIH. Menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Prisma. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP N 6 Gorontalo pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Siswa yang diberi perlakuan kelas eksperimen berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Sedangkan siswa yang diberi perlakuan kelas kontrol berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Tujuan dalam penelitian ini yakni “Apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada materi bangun ruang”. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang. Untuk mengetahui pengujian hipotesis ini maka langkah awal yang dilakukan adalah pengujian homogenitas, setelah diketahui data berasal dari populasi yang homogen. Maka langkah selanjutnya adalah uji normalitas data, kemudian dilanjutkan perhitungan data berdistribusi normal sebagai syarat pada uji statistik parametrik. Selanjutnya kita dapat menggunakan uji t dengan kriteria pengujian Terima H_0 jika t hitung < t_((dk ; (1-?))) dimana t_((dk ; (1-?))) Dari penelitian ini diperoleh nilai t_hitung=4,949>t_tabel=1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima atau dengan kata lain hipotesis diterima yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Tipe jigsaw dan Hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011