Penulis / NIM
SUHARMAN R. MADIA / 411408110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK
Suharman R. Madia. Penerapan Metode Pembelajaran Discovery (Penemuan) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian di SMP Negeri 1 Anggrek Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. SKRIPSI.Jurusan Pendidikan Matematika.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar melalui metode pembelajaran Discovery dengan hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa melalui metode pembelajaran Discovery (Konvensional), pada materi Prisma dan Limas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII (delapan) SMP Negeri 1 Anggrek Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 90 peserta didik dan tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random kelas VIII-A dengan jumlah peserta didik 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B dengan jumlah peserta didik 31 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar peserta didik yang diajarkan melalui metode pembelajaran Discovery lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajran konvensional, pada materi luas dan volume prisma dan limas. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian –t(1-1/2?) < thitung < t(1-1/2?) diperoleh thitung = 6,3166 dan ttabel = 1,9997 dimana -1,9997 < 6,3166 < 1,9997, sehingga Ho berada pada daerah penolakan.
Berdasarkan kriteria pengujian diatas dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran Discovery sangat baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Metode Discovery, Hasil Belajar Peserta Didik, Prisma dan Limas
Download berkas