Penulis / NIM
SULISTIANI / 411408111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
SULISTIANI “ 411408111” Penerapan Metode Problem Solving pada Materi Dimensi Tiga Terhadap Hasil Belajar Siswa” Skripsi. Gorontalo. Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2012
Tulisan ini menguraikan masalah tentang hasil belajar siswa yang masih rendah, sehingga perlu adanya suatu solusi pemecahannya, yaitu dengan menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode problem solving dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada materi dimensi tiga. Penelitian ini didasari oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga.
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X, yang tersebar pada X kelas, dari X kelas tersebut diambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas X-1 dan Kelas X-6 . X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas control. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode problem solving lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode inkuiri pada materi dimensi tiga. Adapun pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrument tes. Hasil pengujian menunjukan bahwa thitung > tdaftar dengan nilai 2.07 > 1,71 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulannya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri.
Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode Problem Solving, Dimensi Tiga
Download berkas