Penulis / NIM
SYAHRUL RAMADHAN / 411408114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Syahrul Ramadhan, 2015. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament pada Sub Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. (Prof. Dr Sarson Wj Pomalato, M.Pd) dan pembimbing II (Nursyia Bito, M.Pd).
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada sub materi bangun ruang sisi datar yaitu prisma dan limas. Hal ini disebapkan oleh model pembelajaran yang digunakan belum membangkitkan semangat siswa untuk meningkatkan kompotensi siswa dalam menguasai materi yang diajarkan sehingga siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika melalui model cooperative learning tipe teams games-tournament pada sub materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Gorontalo kelas VIII-B Kota Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 30 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan siklus menurut sanjaya yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) tahap analisis dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrument berupa lembar pengamatan dan tes kemampuan belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I dari 30 0rang yang dikenai tindakan hanya 17 orang atau 56,67% mendapatkan nilai 75 keatas yang memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar sehingga belum mencapai kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan. Jumlah dan presentasi ini meningkat pada siklus II, dimana 30 orang yang dikenai tindakan, 24 orang atau 80% memperoleh nilai 75 keatas sehingga indikator ketuntasan yang telah ditetapkan terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe Teams Games Tournament pada sub materi bangun ruang sisi datar dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dengan hasil evaluasi siklus I dan siklus II pada penelitian ini.
Kata kunci: model cooperative learning tipe Teams Games Tournament, hasil belajar meningkat
Download berkas