Penulis / NIM
YULAN HANIS / 411408120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Abstrak: Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang menggunakan model dengan tepat dan mampu berinteraksi disaat pembelajaran berlangsung. Salah satu pembelajaran dimaksud adalah pembelajaran dengan penerapan model think pair share. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model ini pada pembelajaran materi perbandingan dan fungsi trigonometri dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X semester genap Man Batudaa Ampenan tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 82 orang terdiri dari 4 kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimenjntrumen penelitian yang digunakan adalah penerapan model pembelajaran yang akan diterapkan untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar siswa melalui penerapan model think pair share dan prestasi belajar siswa kelas X Man Batudaa Ampenan materi perbandingan dan fungsi trigonometri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model think pair share pada pembelajaran materi perbandingan dan fungsi trigonometri untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X semester genap Man Batudaa Ampenan tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terlihat dari basil observasi aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa yang mana dari jumlah 82 siswa dari 4 kelas yang mendapat nilai tertinggi yang menggunakan model think pair share daripada dirrect intruction.
Kata Kunci: Penerapan model think pair share, dirrect intruction dan prestasi belajar.
Download berkas