Penulis / NIM
YUSMIN BASIRA / 411408121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
Yusmin Basira. 411408121. Skripsi. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dengan Menggunakan Media Komik Untuk Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan Dalam Masalah Perbandingan Pada Kelas V SD Negeri 88 Kota Tengah”. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I: Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Yus Iriyanto Abbas, M.Pd
Penelitian ini bertujuan ini untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi operasi hitung pecahan dalam masalah perbandingan dikelas V SD Negeri 88 Kota Tengah menggunakan media komik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 88 Kota Tengah yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan tahapan sebagai berikut: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pada tahap berikutnya analisis data dilakukan terhadap hasil observasi dan evaluasi siswa pada tahap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus 1, dari 21 orang siswa yang dikenai tindakan terdapat 15 orang (71,43%) yang memperoleh nilai 70 keatas. Presentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkn, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan kegiatan guru mencapai 77,78% dan aktivitas siswa mencapai 83,13% pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan pada kekurangan pada siklus 1 maka dilaksanakan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus 2. Ternyata hasil tindakan pada siklus 2 menunjukan bahwa dari 21 siswa yang dikenakan tindakan, 19 orang siswa atau 90,48% memperoleh nilai 70 keatas disebabkan kegiatan guru mencapai 95,24% dan aktivitas siswa mencapai 93,79%. sehingga indikator kinerja yang ditetapkan dipenuhi. Dengann demikian dapat disimpulkan hipotesis peneltian : “ jika dalam pembelajaran materi pecahan dalam masalah perbandingan, maka hasil belajar siswa akan meningkat”, dapat diterima.
Download berkas