Penulis / NIM
ZAENAB BUKASA / 411408122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Zaenab Bukasa. Penerapan Pakem Pada Pembelajaran Matematika. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yamin Ismail, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran pendekatan pakem dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan relasi dan fungsi.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 384 siswa dan tersebar dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Simple Random Sampling.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok relasi dan fungsi. Data ini dikumpul dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran pakem lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil belajar siswa ini ditunjukkan dengan skor rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran pakem adalah 69,97 dan skor rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional adalah 41,73
Dengan demikian hipotesis penelitian diterima dan disarankan kepada peneliti lain untuk mengadakan penelitian lanjutan guna mengetahui keefektifan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan pakem.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Pendekatan Pakem
Download berkas