SKRIPSI

Penulis / NIM
ZAINAB IBRAHIM / 411408123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK Zainab Ibrahim. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan tutor sebaya dengan media LKS berbasis matematik realistik pada materi bangun ruang (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Gorontalo). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan tutor sebaya dengan media LKS berbasis matematik realistik pada materi bangun ruang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 10 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan kelas berjumlah 23 orang. Dimana 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil belajar siswa pada siklus I, menunjukkan bahwa dari 23 siswa yang dikenai tindakan, 8 orang (34,78%) siswa yang memperoleh nilai 70 keatas dengan nilai rata-rata 48,91. Jumlah ini bila mengacu pada kriteria keberhasilan 85% siswa yang tuntas maka, maka penelitian pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan penelitian yang ditetapkan. Rendahnya capaian pada siklus I ini disebabkan oleh belum optimalnya pembelajaran yang diterapkan oleh guru, tutor maupun teman sebaya masih terdapat beberapa aspek kegiatan belajar mengajar yang belum berjalan secara optimal. Sangat banyak kekurangan yang ditemukan oleh peneliti dan para pengamat sehingga peneliti dan pengamat sepakat untuk menyempurnakan penelitian tindakan kelas pada siklus selanjutnya yaitu siklus II. Materi yang diajarkan pada siklus II yaitu masih pada materi bangun ruang tapi beralih pada Prisma dan Limas yang sebelumnya yaitu kubus dan balok. Dan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada siklus II menunjukkan bahwa ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Dari 23 siswa yang dikenai tindakan, 22 orang (95,65%) siswa yang dinyatakan tuntas belajar yang memperoleh nilai 70 keatas dengan nilai tara-rata 79,13. Ketuntasan 95,65% pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan tutor sebaya dengan media LKS berbasis matematik realistik, hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 60,87% hasil belajar siswa pada siklus II yang sebelumnya pada siklus I yaitu 34,78%. Menunjukkan bahwa hipotesis penelitian tindakan yaitu: “jika digunakan pendekatan tutor sebaya dengan media LKS berbasis matematik realistik digunakan dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima. Kata Kunci : Pendekatan tutor sebaya, LKS berbasis matematik realistik.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011