Penulis / NIM
SARASUWITA HASAN / 411408125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
SARASUWITA HASAN “Deskripsi karakter komunikatif dan tanggung jawab
siswa dalam pembelajaran matematika”. Suatu penelitian di SMP Negeri 10
Gorontalo bimbingan dari Bapak Drs. Karim Naki’I M.Pd dan Bapak Drs. Abdul
Wahab Abdullah M,Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar komunikatif dan tanggung
jawab siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan gambaran karakter komunikatif dan tanggung jawab Siswa dalam
pembelajaran matematika dalam kelas.
Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi
(pengamatan) langsung terhadap obyek yang diamati yaitu siswa itu sendiri.
Observasi dilakukan dengan memperhatikan indikator-indikator komunikatif dan
tanggung jawab yang telah tersusun berdasarkan deskriptornya.
Dari hasil observasi selama empat kali pertemuan didapat hasil persentase
karakter komunikatif yaitu pada pertemuan pertama dengan persentase semua
indikator 74%, pertemuan kedua 78.45%, pertemuan ketiga 73.37%, dan
pertemuan keempat 81% dengan rata-rata total semua indikator komunikatif yaitu
76.705%. Sementara itu untuk karakter tanggung jawab selama empat kali
pertemuan dalam pembelajaran matematika didapat hasil persentase pada
pertemuan pertama 76.78%, pertemuan kedua 76.56%, pertemuan ketiga 79.08%
dan pertemuan keempat 78.80%, dengan rata-rata total semua indikator tanggung
jawab 77.805%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakter komunikatif dan
tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika itu sudah sesuai yang
diharapkan dengan kriteria baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian yang
menunjukan karakter komunikatif siswa 76.705% dan karakter tanggung jawab
mencapai 77.801% .
Kata Kunci : Karakter, Komunikatif, Tanggung Jawab, Matematika.
Download berkas