Penulis / NIM
RONAL B SIDU / 411409003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Sidu, Ronal. 2013. Deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada soal open ended dalam materi sistem persamaan linier dua variabel, (penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ipa Unvrstas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing 1; Drs. Franky A.Oroh, Msi, dan pembimbing 2; Drs. Madjid Mpd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada soal open ended dalam sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di SMP Negeri 2 Gorontalo. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan tes berbentuk uraian dan hasil wawancara dari beberapa siswa serta Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah valid dan reliabel dengan menggunakan uji statistik, korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif mateamtika siswa pada aspek kelancaran sebesar 62,93 %, dan rata-rata kemampuan berpikir kereatif siswa pada aspek keluesan sebesar 61,07 %, sementara rata rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek kebaruan sebesar 58,75 %. Jadi, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebesar 60,92%. Artinya bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gorontalo pada materi sistem persamaan linier dua variabel tergolong dalam kategori baik.
Kata- kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematika, aspek berpikir kreatif matematika
ABSTRACT
Sidu, Ronal. 2013. The description of Students' Creative Mathematic Thinking Ability toward the Open-Ended Questions in Linear Equation System Two Variables. (a research conducted at the VIII grade of SMP Negeri 2 Gorontalo). Skripsi. Mathematic Department, Sains and Mathematic Faculty, State University of Gorontalo. Advisor 1: Drs. Franky A. Oroh, M.Si and Advisor II Drs. Madjid, M.Pd. This research aims to describe the students' creative mathematic thinking ability toward the open-ended questions in linear equation system two variables at the VIII grade of SMP Negeri 2 Gorontalo. The data in this research is the result of creative thinking ability test by using test as uraian and the result of interview from some students, while the instrument that used in this research has been tested of validity and reliabilit by using statistic test, korelasi product moment. The result of this research shows that the average ability of fluency aspect is 62,93 %, and the average ability of flexibility aspect is 61,07 %, while the average ability of newness aspect is about 58,75 %. Therefore, the average ability of students' creative mathematic thinking is 60,92%. It can be said that the students' creative mathematic thinking ability toward the open-ended questions in linear equation system two variables at the VIII grade of SMP Negeri 2 Gorontalo is categorized good.
Download berkas