Penulis / NIM
ABDUL WAHAB KAHARU / 411409012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
Abdul Wahab Kaharu, 2013. Pengaruh Pengembangan Keterampilan Berfikir Divergen Pada Soal Open Ended Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa (Suatu Penelitian yang Menggunakan Soal Open Ended pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2012-2013). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Karim NakiI, M.Pd, (2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan keterampilan berpikir divergen pada soal open-ended akan mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa serta mengetahui pengaruh pengembangan keterampilan berpikir divergen pada soal open ended terhadap motivasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen dengan pendekatan soal open ended. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Suwawa kelas X Tahun Pelajaran 2012-2013. Pengambilan sampel dilakukan secara Disproportionate Stratified Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 39 orang. Sebelum di gunakan instrument penelitian di uji validitas dan reliabilitasnya kepada 21 orang siswa diluar sampel. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t yaitu (thitung = 4,179054 > ttabel =2,007). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang diberikan pembelajaran melalui soal open ended dengan kelas yang diberikan pembelajaran dengan soal close ended terhadap motivasi belajar matematika siswa.
Kata kunci: Soal Open Ended, Motivasi Belajar Matematika Siswa
Download berkas