Penulis / NIM
SURYA ADHITYA BAMBANG / 411409013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstrak
ABSTRAK
SURYA ADHITYA BAMBANG. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Di Kls X SMK Negeri 1 Batudaa (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMK N 1 Batudaa T.P. 2012/2013. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Abdul Wahab Abdullah M.Pd Dan Pembimbing II Drs. Usman Ghani.
Penelitian ini dilakukan untuk dapat melihat perbedaan kemampuan koneksi siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan pendekatan konvensional pada pelajaran matematika. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan desain penelitian adalah postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Batudaa, pengambilan sampel penelitian ini di lakukan secara cluster simple random sampling, untuk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Tes..
Data diperoleh dari pemberian tes kemampuan koneksi matematika siswa pada mata pelajaran matematika dalam materi Program Linier. Analisis data menggunakan uji t. Setelah dilakukan pengujian hasil kemampuan koneksi matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan PMR lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil dapat ditunjukkan dengan melihat rata-rata hasil siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual yaitu 60,133 dan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 70,433. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.
Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dan Pendekatan Matematika Realistic (PMR).
ABSTRACT
Surya Adhitya Bambang. 2014. The Effect of Realistic Mathematics Learning Approach toward The Abillity of mathematics Connection at Class X of SMK Negeri 1 Batudaa (A research conducted at class X of SMK N i Batudaa in 2012/2013 Academic Year). Skripsi. Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal supervisor was Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd and the co-supervisor was Drs. Usman Gani.
The research aimed to understend the difference of students' connection ability using realistic mathematics learning approach and conventional approach on math subject. Method of research was experimental method with postest only control group design. Population of research was all the student of SMK Negeri 1 Batudaa and applied cluster simple random sampling technique in taking the sample. Data of research were collected through test to understend the student' ability of mathematics connection on linear program material.
The test was then analyzed by using t test. The result showed that student' ability of mathematics connetion which were taugh by using realistic mathematics learning approach were higher than the conventional learning. It can be seen from the average score of student which were 60,133 for student which were taught by using contextual learning while 70,433 for the students which were taugh by using conventional learning. Thus, the research hypothesis was accepted.
Keyword: Students' Ability of Mathematics Connetion and Realistic Mathematics Learning Approrach
Download berkas