Penulis / NIM
ERWANSYAH GUSTRIYANTO SAPUTRA / 411409019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Erwansyah G. Saputra, NIM. 411490019. “Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Gotong Royong”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori, pada pokok bahasan bangun datar. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Gotong Royong pada semester kedua tahun pelajaran 2012/2013 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Gotong Royong. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Cluster Simple Random Sampling.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ekspositori. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori.
Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Bangun Ruang, Hasil Belajar.
ABSTRACT
Erwansyah G. Saputra, NIM. 411409019. Influences of guided discovery method to the student test score mathematics class XI at SMK Gotong Royong
This study aimed to determine the students test score using guided discovery method higher than expository methods about spatial build. The experiment which applied in the second semester 2012/2013 periode used post test only control group design. The population are students of SMK Gotong Royong. The research used Cluster Simple Random Sampling Technique. The results obtained that the learning outcomes of students who learned with guided discovery method is higher than that learned student learning outcomes using the expository method. based on the results of this study concluded that there are differences in learning outcomes of students who learned with using guided discovery method and expository methods.
Keywords: method of guided discovery, spatial build, test score
Download berkas