SKRIPSI

Penulis / NIM
MASNI / 411409025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Masni 2014. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas ILmu Pendidikan Alam Dan Matematika Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dr.Syamsu Qamar Badu,M.Pd, dan pembimbing II Nursiya Bito,S.Pd,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dengan hasil belajar siswa kelas X SMA negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (persepsi siswa trhadap mata pelajaran matematika) dan variabel Y (hasil belajar siswa). Teknik yang gunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan mengambil hasil ulangan harian siswa yang telah diberikan guru mata pelajaran. Data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan signifikan. Dan hasil perhitungan diperoleh suatu persamaan regresi yaitu persamaan Y atas X, didapatkan persamaan regresi 1,982 + 0,04X. Hal ini berarti setiap perubahan sebesar 1 (unit) unit pada variabel X ( persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika). Dan hasil uji keberartian koofiensi korelasi. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh thitung = 7,069 sedangkan dari daftar diperoleh t(0.05)(58)= 1,70 oleh karena itu thitung = 7,068 > ttabel = 1,70 tidak berada pada daerah penolakan Ho maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini benar-benar signifikan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi : terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat diterima. Dengan melihat tingkat konstribusi variabel X terhadap Y sebesar 1,23  maka hal ini menunjukkan bahwa masih 1,23  variasi yang terjadi pada hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat di pengaruhi oleh faktor - faktor lain. Kata kunci : persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, hasil belajar siswa. ABSTRACT Masni 2014. Relation Between Students' Perceptions of Mathematics Lesson with study results of students Class X SMA Negeri 2 Limboto Gorontalo regency . Skripsi . Department of Mathematics Education Faculty of Natural Science and Mathematics Education , State University of Gorontalo . Dr. Syamsu Qamar Badu , M.Pd as the first advisor and Nursiya Bito , S.Pd , M.Pd as the second advisor. The purpose of this study was determined is there a relationship between students' perceptions on mathematics courses with a grade X learning result of students SMA 2 Limboto Gorontalo . There are two variables in this study they are : the variable X ( the students perception to mathematics lesson ) and Y variables ( student learning result ) . The technique of collecting the data are a questionnaire and take a daily test results of students who have given the subject teachers . The data has been collected it can be concluded that there are two variables have a significant relationship . The calculations result, a regression equation is the equation Y tover X , obtained regression equation 1.982 + 0.04 X. It means that any changes by 1 ( unit ) unit in the variable X ( the students perception toward mathematics lesson ) . Koofiensi significance and correlation of test results . From the results of these calculations obtained t = 7.069 , while from the list obtained t ( 0:05 ) ( 58 ) = 1.70 therefore = 7.069 t count > t table = 1.70 are not on the rejection of Ho hypothesis H1 is accepted and H0 is rejected so that this study can be concluded is very significant . Based on the results of the hypothesis of this study: there is a relationship between students' perceptions of mathematics lesson toward the learning result of students class X SMA Negeri 2 Limboto Gorontalo regency acceptable . By looking at the level of variable X to Y of 1.23% variations that occur in the  indicates that there is still a 1.23% learning result of students class X SMA Negeri 2 Limboto Gorontalo can be influenced by other factors. Keywords : students' perceptions of mathematics lesson , students' learning result.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011