SKRIPSI

Penulis / NIM
NURLIAN SUPAK / 411409026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK Nurlian Supak. 2013. Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Pemberian Penguatan Guru Dalam Pembelajaran Matematikaā€¯. (suatu penelitian di MAN Batudaa). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Perry Zakaria, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Nancy Katili, S.Pd.,M.Pd. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah persepsi siswa tarhadap keterampilan pemebrian penguatan guru dalam pembelajaran matematika Pada kenyataannya guru dalam mengajar masih monoton dalam proses pembelajaran dan mengabaikan keterampilan dasar mengajar yang salah satunya adalah pemberian penguatan. Dalam kegiatan pembelajaran sering ditemukan siswa yang kurang bersemangat untuk belajar, dan takut untuk bertanya kepada guru atau menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya motivasi dari guru terutama dalam pemberian penguatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi siswa terhadap keterampilan memberi penguatan guru dalam pembelajaran matematika? Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil persepsi siswa terhadap ketrampilan memberian penguatan guru dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Batudaa, dengan anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI MAN Batudaa tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 177 siswa sedangkan anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 35 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi yang terdiri dari satu variabel yaitu variabel X (keterampilan pemberian penguatan guru). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan wawancara sebagai pelengkap, teknik analisis yang digunakan ialah analisis kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi (presentase). Gambaran persepsi siswa terhadap keterampilan pemberian penguatan guru dalam pembelajaran matematika yaitu: (1) indikator penguatan verbal sebesar 79,68%, (2) indikator penguatan non verbal sebesar 75,68%, (3) indikator pemberian tuntunan sebesar 77,90%, dan (4) indikator pemindahan giliran sebesar 88,86%. Jadi jumlah rata-rata tiap indikator sebesar 78,58%. Hal ini menggambarkan bahwa guru di MAN Batudaa sering menerapkan keterampilan pemebrian penguatan dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Persepsi Siswa, Keterampilan Memberi Penguatan. ABSTRACT Nurlian Supak. 2013. The perseption of students to teacher strong givng in mathematic learning (a research in MAN Batudaa). Skripsi , mathematic education study program, mathematic departement, Mathematic and Natural Science Faculty, Gorontalo State University. Drs. Perry Zakaria, M.Pd as advisor (I) and Nancy Katily, S.Pd., M.Pd as advisor (II). The parpose of this research is the perseption of students to teacher strong giving in mathematic lerning in fact teacher on teaching still watching the learning process and push of the basic of theaching which one is giving stronger. in learning process usualy find the students who still has not confidence for study and afraid to asking to the teachers or anwer the qyuestion from the teacher. The cause of this problem is the teacher has a lifle motivation to the students. the problem statement of this research is how to the students perseption to teacher strong giving in mathematic learning? The purpose of this research for picture the result of students perseption to teacher strong giving in mathematic learning. This research is doing in MAN Batudaa with the population is the students at class X and class XI in MAN Batudaa in 2012/2013 year academics, which 177 students although the sample in this research is students at class X and XI with 35 students. This research used description method hasone variable its x varable (teacher stronger giving) the collecting data in this research is angket and interview as a completed, the technique of analysis is using quantitative analyze with frecuency teble (persentasi on). Students reseption picture to teacher stronger giving in matemathic learning its : (1) verbal stronger indicator is 79,68 % (2) non verbal stronger indicator is 75,68% (3) important giving indicator is 77,90%, and (4) changes indicator is 88,86%. So the average persentation from each indicator is 78,58%. This material show thet the teacher in MAN Batudaa usually used giving stronger practice in mathemathic learning. Key word : students preseption, stronger giving practice
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011