Penulis / NIM
MULTINAS PAKAYA / 411409027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Multinas Pakaya, 2013. Hubungan Antara Kemampuan Spasial Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri (Studi Penelitian Survei dengan Pendekatan Korelasional). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Ali Kaku (2) Abdul Djabar Mohidin
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan spasial dengan hasil belajar matematika pada materi geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2012-2013 sebanyak 164 orang yang tersebar pada 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate random sampling sebanyak 20% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 33 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan Positif antara kemampuan spasial dengan hasil belajar matematika pada materi geometri. Hubungan positif ini ditunjukan dengan koefisien determinasi r sebesar 10,311%.
Kunci: Kemampuan Spasial, Hasil Belajar
Download berkas