SKRIPSI

Penulis / NIM
ETA KARINA / 411409028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK Eta Karina, 2013. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kabila pada materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kabila, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 19 dari 30 siswa (63,3%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai di atas 70. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan persentase kegiatan guru mencapai 81,4% dan kegiatan siswa hanya mencapai 80,6% pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil yang belum mencapai indikator kinerja pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa 26 dari 30 siswa (86,7%) yang dikenai tindakan, memperoleh nilai di atas 70. Disebabkan persentase kegiatan guru mencapai 91,3% dan kegiatan siswa mencapai 88,2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Jika model Problem Based Learning diterapkan pada pembelajaran materi luas permukaan dan volume kubus dan balok, maka kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kabila tahun 2012/2013 dapat meningkat”. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011