Penulis / NIM
ESTIKAWATI PUTRI / 411409032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Abstrak
ABSTRAK
Estikawati Putri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematism Siswa Melalui Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Kubus Dan Balok Di Smp Negeri 1 Tapa Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd. dan Pembimbing II, Drs. Karim NakiI, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penemuan terbimbing pada materi kubus dan balok dikelas VIII7 SMP Negeri 1 Tapa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tapa pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek yang dikenai tindakan adalah siswa SMP Negeri 1 Tapa kelas VIII7 dengan jumlah seluruh siswa 20 orang. Dimana ada 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan penelitian ini terdiri dari empat tahapan dasar yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu perancanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Dari data penelitian pada siklus I menunjukan bahwa terdapat 12 dari 20 siswa (60%) yang dikenai tindakan memeperoleh nilai 70 keatas. presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indicator kinerja yang ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indicator kinerja disebabkan oleh kegiatan guru dalam proses pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing mencapai 76.7%, dan aktivitas siswa mencapai 80%. Berdasarkan indicator kinerja yang belum dicapai pada siklus I maka perlu diperbaiki strategi pembelajarannya pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat 19 dari 20 siswa (95%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 70. Ini disebabkan karena kegiatan guru dalam proses pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing mencapai 97.2%, dan aktivitas siswa mencapai 94.1%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran, maka kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1 Tapa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok akan meningkat
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Penemuan Terbimbing
Download berkas