SKRIPSI

Penulis / NIM
NI WAYAN ASTINI / 411409036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK Ni WAYAN ASTINI, NIM. 411409036. “Perbedaan Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Penguasaan Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tibawa”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode problem solving dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tibawa pada semester dua tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa yang tersebar di VIII kelas. Pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Dari VIII kelas diambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas XH dan kelas XF. Kelas XH adalah kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dan kelas XF adalah kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan penguasaan matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode problem solving dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Pengukuran penguasaan matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes penguasaan matematika tes berbentuk essay. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah itu diadakan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan dk = (n1 – 1). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode problem solving dengan yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata kunci : Metode Problem Solving, Penguasaan Matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011