Penulis / NIM
						NI WAYAN ASTINI / 411409036
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
						Pembimbing 1 / NIDN
						Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
						Pembimbing 2 / NIDN
						Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
						Abstrak
						ABSTRAK
	
Ni WAYAN ASTINI, NIM. 411409036. “Perbedaan Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Penguasaan Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tibawa”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode problem solving dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tibawa pada semester dua tahun pelajaran 2012/2013. 
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa yang tersebar di VIII kelas. Pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Dari VIII kelas diambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas  XH dan kelas XF. Kelas  XH adalah kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dan kelas  XF adalah kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan penguasaan matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode problem solving dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Pengukuran penguasaan matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes penguasaan matematika tes berbentuk essay. 
Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah itu diadakan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t  dengan  dk = (n1 – 1). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode problem solving dengan yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Kata kunci :  Metode Problem Solving, Penguasaan Matematika.
						Download berkas