SKRIPSI

Penulis / NIM
GUSTIN R HANAPI / 411409039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstrak
ABSTRAK GUSTIN R. HANAPI. 2013. Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VII SMP N 1 Kabila T.P. 2012/2013. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Hi. Evie Hulukati, M.Pd Dan Pembimbing II Drs. Usman Ghani. Penelitian ini dilakukan untuk dapat melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontextual (CTL) dan pendekatan konvensional pada pelajaran matematika. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian adalah postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kabila, pengambilan sampel penelitian ini di lakukan secara cluster simple random sampling, untuk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Tes.. Data diperoleh dari pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Analisis data menggunakan uji t. Setelah dilakukan pengujian hasil kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil dapat ditunjukkan dengan melihat rata-rata hasil siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual yaitu 22,93 dan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 20. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011