Penulis / NIM
GUSTIN R HANAPI / 411409039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstrak
ABSTRAK
GUSTIN R. HANAPI. 2013. Pengaruh Contextual Teaching And Learning
(CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Suatu Penelitian
Terhadap Siswa Kelas VII SMP N 1 Kabila T.P. 2012/2013. SKRIPSI. Jurusan
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Hi. Evie Hulukati, M.Pd
Dan Pembimbing II Drs. Usman Ghani.
Penelitian ini dilakukan untuk dapat melihat perbedaan kemampuan
komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran kontextual (CTL) dan pendekatan konvensional pada pelajaran
matematika. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode
penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian adalah postest only control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1
Kabila, pengambilan sampel penelitian ini di lakukan secara cluster simple
random sampling, untuk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik Tes..
Data diperoleh dari pemberian tes kemampuan komunikasi matematika
siswa pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan keliling dan luas
persegi dan persegi panjang. Analisis data menggunakan uji t. Setelah dilakukan
pengujian hasil kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan
menggunakan CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan
dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil dapat
ditunjukkan dengan melihat rata-rata hasil siswa yang di ajar dengan
menggunakan pembelajaran kontekstual yaitu 22,93 dan menggunakan
pembelajaran konvensional yaitu 20. Dengan demikian hipotesis penelitian
diterima.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dan Pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL)
Download berkas