Penulis / NIM
HARYANINGSIH / 411409042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
Haryaningsih. 411409042. Skripsi. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas VIIIc SMP Negeri 7 Kota Gorontalo”. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori belajar Van Hiele dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMP Negeri 7 Kota Gorontalo pada pokok bahasan volume kubus dan balok. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 7 Kota Gorontalo yang berjumlah 31 orang, usia rata-rata antara 13-14 tahun. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil lembar pengamatan dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah siswa sudah meningkat hasil belajarnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata presentase jumlah siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada siklus I 63,45 % siswa yang mempunyai hasil belajar yang baik, dan pada siklus II mencapai 79,48 %. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 75 % atau 24 orang siswa dari 31 siswa yang sudah mempunyai nilai diatas 70. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “Jika pembelajaran materi volume kubus dan balok menggunakan teori belajar Van Hiele, maka hasil belajar siswa akan meningkat" teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Penerapan teori belajar Van Hiele, hasil belajar siswa
Download berkas