Penulis / NIM
JELLY EVAULINA / 411409044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
Jelly Evaulina. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian berjumlah 38 orang yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian ini berupa tes uraian essay sebanyak 6 nomor. Dari hasil uji coba instrumen tes diperoleh 6 nomor dari 10 nomor soal yang validasi rhitung lebih besar dari rtabel dan koefisien reliabilitas tesnya tinggi, yaitu 0,78. Data yang diperoleh dari penelitian ini diteliti secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi sebanyak 52,63%, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif sedang sebanyak 44,74%, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah sebanyak 2,63%.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Soal Matematika Kontekstual, Materi Kubus dan Balok.
Download berkas