SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIANINGSI PATILIMA / 411409046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Fitrianingsi Patilima, NIM. 411409046. "Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Suatu Penelitian di SMP Negeri 1 Atinggola)". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Atinggola pada semester pertama untuk tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atinggola. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih baik dari model pembelajaran konvensional, ini dapat dilipat pada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen ((X1) ) = 71,05 dan kelas kontrol ((X2) ) = 61,63. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan df = 35 menunjukkan thitung>ttabel. Diperoleh thitung= 2,72 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 2,03, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolakdan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif kontektual (CTL), Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok, Kemampuan pemecahan masalah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011