Penulis / NIM
HADJRIYANSI A. HARUN / 411409047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Hadjriyansi A. Harun, 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Program Linier di Kelas XI IPA Excellence MAN Model Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi program linier. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA Excellence di MAN Model Gorontalo. Untuk menganalisis kemampuan berpikir ktitis peserta didik, digunakan empat indikator sebagai instrument kemampuan berpikir kritis, yaitu : (1) Identifikasi masalah, (2) Analisis, (3) Sintesis, (4) inferensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi program linier dikategorikan sedang. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi program linier di kelas XI IPA Excellence dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni: 1) Kecermatan dalam mengabstraksi soal, 2) Penguasaan konsep-konsep program linier dan materi prasyarat (kemampuan awal) serta penerapannya. 3) Kecenderungan peserta didik dalam mengandalkan hafalan 4) Motivasi. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dilakukan dengan cara memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Program Linier.
Download berkas