Penulis / NIM
NUR ENTIN LASABUDA / 411409048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
Nur Entin Lasabuda. Pengaruh Pendekatan Problem Solving Berbasis Multimedia Terhadap Kemempuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Suatu Penelitian di SMP Negeri 4 Kotamobagu). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving berbasis multimedia dengan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan persamaan linier satu variable.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kotamobagu Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 284 orang dan tersebar dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIIA terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan problem solving berbasis multimedia sedangkan kelas VIIB sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui lembar pengamatan pengelolaan guru dalam pembelajaran, angket respon siswa dan guru terhadap pembelajaran dengan pendekatan problem solving berbasis multimedia, aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data kemampuan pemecahan masalah dianalisis melalui tabel perbandingan kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa F0 = 18,284 > Ftabel = 4,00 artinya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving berbasis multimedia lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan pendekatan probelm solving berbasis multimedia efektif dalam mengajarkan pokok bahasan persamaan linier satu variabel.
Kata Kunci : Pendekatan Problem Solving Berbasis Multimedia, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik.
Download berkas