SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAWATI PAKAYA / 411409053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK Fatmawati Pakaya, NIM. 411409053. “PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN-BANGUN DATAR. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 LIMBOTO)”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pada aktivitas belajar siswa yang diajar dengan tanpa menggunakan pendekatan matematika realistik (pembelajaran konvensional), pada pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 4 Limboto pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2012/2013 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Limboto. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Sampling jenuh. Kelas VII1 menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan tanpa menggunakan pendekatan matematika realistic (pembelajaran konvensional) Hipotesis penelitian adalah aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan tanpa pendekatan matematika realistik (pembelajaran konvensional) pada pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Pengukuran aktivitas belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes aktivitas belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Pengujian menunjukkan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Persegi, Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011