Penulis / NIM
RACHMAWATI / 411409056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Rachmawati. 2013, Skripsi: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematika siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang khususnya luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 3 Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tehnik Cluster Simple Random Sampling Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen.
Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan nilai thitung=1,77 dan ttabel=1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematika siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi bangun ruang.
Download berkas