SKRIPSI

Penulis / NIM
NIRMALA KALAHA / 411409057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK NIRMALA KALAHA . 2013. “Pengaruh Evaluasi Formatif Dengan Feed Back Terhadap Penguasaan Matematika Siswa Pada Materi Kubus dan Balok (Suatu Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto T.P 2011-2012)” SKRIPSI. JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. PEMBIMBING I Drs. Perry Zakaria ,M.Pd DAN PEMBIMBING II Frangky A.Oroh, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan matematika siswa yang diberikan evaluasi formatif dengan feed back dan evaluasi formatif tanpa feed back pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan desai penelitian eksperimen dengan rancangan Posttes-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Limboto, dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto T.P 2011-2012. Pengambilan sampel dilakukan secara Claster Simple Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penguasaan matematika siswa pada materi Kubus dan balok. Data ini dikumpul dengan menggunakan Instrumen tes Penguasaan Matematika Siswa. Teknik analisis daa yang digunakan dalam penelitian ada dua bagian yaitu analisis data deskriftif dan inferensial, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat terlihat dengan adanya perbedaan penguasaan matematika siswa pada kelas eksperimen yang diberikan evaluasi formatif feed back dengan kelas kontrol yang diberikan evaluasi formatif tanpa feed back, yaitu diperoleh nilai rata-rata penguasaan matematika siswa pada kelas eksperimen (X1) = 75,93 dan rata-rata penguasaan matematika siswa pada kelas kontrol (X2) = 69,35. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t tentang perbedaan penguasaan matematika siswa yang diberikan evaluasi formatif dengan feed back dan yang diberikan evaluasi formatif tanpa feed back diperoleh nilai thitung = 6,93 untuk ? = 0,05 dengan dk= 52 diperoleh nilai tdaftar = 2,016. Hal ini menunjukkan hipotesis nol (H0) ditolak dan diterimanya hipotesis penelitian (H1) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara penguasaan matematika siswa yang diberikan evaluasi formatif dengan feed back dan yang diberikan evaluasi formatif tanpa feed back. Dengan demikian hipotesis diterima dan disarankan kepada peneliti lain perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran dengan pemberian evaluasi formatif dengan feed back sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penguasaan Matematika Siswa Dan Evaluasi Formatif Dengan Feed Back
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011