SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMLAH WATI DOMILI / 411409058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
ABSTRAK Ramlah Wati Domili, NIM: 411409058, 2014. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Telaga". Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Yamin Ismail, M.Pd dan Pembimbing II: Hasan S. Panigoro, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Question Student Have, Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari strategi pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Telaga Kelas VIII1 dan VIII2 Tahun Pelajaran 2013-2014 sebanyak 223 orang yang tersebar di 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster random sampling. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik parametrik dalam hal ini dipilih uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil temuan, siswa malu dan takut dalam bertanya, takut mengemukakan pendapat dan kurang terampil dalam menarik kesimpulan. Karena jarang mengajukan pertanyaan atau mengutarakan pendapatnya sendiri pada saat diskusi kelas, mereka justru lebih memilih untuk diam ketika kegiatan diskusi masih berlangsung. Hanya siswa-siwa tertentu saja yang dapat mengajukan pertanyaan kepada guru. Sehingga hal ini berpengaruh buruk terhadap pemahaman konsep siswa. Dan hal ini menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa masih perlu ditingkatkan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011