SKRIPSI

Penulis / NIM
MANSRIATY LAMADJU / 411409061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
MansriatyLamadju, NIM. 411409061. “Pengaruh Model PembelajaranKooperatifTipeGroup InvestigationterhadapKemampuanPemecahanMasalahMatematika. (SuatuPenelitianDi SMPNegeri 1 Limboto)”.SKRIPSI.JurusanPendidikanMatematika. FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriGorontalo, 2013. Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation(GI) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas.Penelitianeksperimeninidilakukan di SMP Negeri 1 Limbotopada semester keduauntuktahunpelajaran 2012/2013denganrancanganpost test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Limboto.PengambilansampeldilakukandenganmenggunakanTeknikCluster Simple Random Sampling.Pengukurankemampuanpemecahanmasalahmatematikadilakukandenganmenggunakaninstrumenteskemampuanpemecahanmasalahberbentuktes essay.Instrumeninitelahmemenuhisyaratvaliditasbutirdanreliabilitasinstrumen.Berdasarkanhasilpenelitian, pengaruh model pembelajarankooperatiftipe GI dan model pembelajarankonvensionaldapatterlihatdenganadanyaperbedaankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswapadakelaseksperimendankelaskontroldiperolehnilai rata-rata kemampuanpemecahanmasalahpadakelaseksperimen ((X1) ?) = 66,18 dankelaskontrol ((X2) ?) = 56,10 di manakelaseksperimenmemilikikemampuanpemecahanmasalah 10,08%lebihtinggidibandingkankelaskontrol.Hal inijugadapatdibuktikandengant test dengantarafnyata 0,05dandf = (n1 + n2 – 2) menunjukkanthitung>ttabel. Diperolehthitung= 2,15untuk ? = 0,05 diperolehttabel = 2,019, thitungberadadiluardaerahpenerimaan H0, sehingga H0ditolakdan H1diterima. Dengandemikian, adanyaperbedaankemampuanpemecahanmasalahantarakelaseksperimendankontrolmenunjukkanbahwaterdapatpengaruh model pembelajarankooperatiftipe GI terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, Luas Permukaan dan Volume Prisma dan Limas, Kemampuan pemecahan masalah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011