Penulis / NIM
MEYLAN INGRIANI OTAY / 411409063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
MEYLAN INGRIANI OTAY. Nim 411 409 063 “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Garis Singgung Lingkaran“. (Suatu penelitian di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika berada dibawah rata-rata, hal ini dapat dilihat dari hasil kerja siswa pada materi garis singgung lingkaran.
Permasalahan yang dikaji adalah mengidentifikasi sumber dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran.
Pengambilan data menggunakan instrumen tes yang berbentuk esay yang terdiri dari 4 butir soal, dilanjutkan dengan wawancara terhadap siswa dalam menjaring informasi yang lebih mendalam tentang sumber dan penyebab kesalahan siawa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran. Wawancara dilakukan pada 8 orang siswa dari 25 orang siswa yang akan diwawancara untuk dimintai keterangan yang mendalam terhadap hasil jawaban yang mereka kerjakan. Dimana pada setiap nomor soal diwakili 2 orang siswa yang jumlah soalnya sebanyak 4 nomor soal.
Dari hasil tes dan wawancara, kesalahan siswa didapat bahwa siswa benar-benar terjadi kesalahan baik dari sumber kesalahan maupun penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal pada materi garis singgung lingkaran. Kesalahan ini disebabkan masih rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam penguasaan konsep dasar garis singgung lingkaran.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal
Download berkas