SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRA WAHYUNI AR. TAHURU / 411409070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK Indra Wahyuni A.r Tahuru, NIM . 411409070. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU FARIABEL" (Suatu Penelitian Pada Siswa kelas X Di SMA Prasetya Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Prasetya Gorontalo pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2014/2015 dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh. Kelas XA menjadi kelas eksperimen yaitu kelas yang dibelrikan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dan kela XB sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan tanpa menggunakan model problem based learning (pembelajaran konvensional). Hipotesis penelitian adalah prestasi belajar siswa yang menggunakan model problem based learning (PBL) lebih tinggi dari prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran konvensional), pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel. Pengukuran prestasi belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen test berbentuk essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Pengujian menunjukan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model problem based learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengna model konvensional pada pokok pelajaran pertidaksamaan linear satu variabel. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Prestasi Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011