SKRIPSI

Penulis / NIM
AMIR HULOPI / 411409072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Amir Hulopi, 2013. Pengaruh penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa (suatu penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gorontalo kelas VIII tahun pelajaran 2012-2013). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Nursia Bito, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2012-2013 yang tersebar pada delapan kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara memilih langsung kelas yang akan dijadikan sampel. Pada penelitian ini dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control masing-masing berjumlah 26 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Control Group Design.Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumet tes. Instrumen penelitian berupa tes esay sebanyak 4 butir soal.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistic menggunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan ? yaitu 0,05. Hasil pengujian diperoleh untuk kelas eksperimen L0=0,1406< Ltabel=0,17051 dan untuk kelas control L0=0,125038< Ltabel=0,17051, artinya data skor kemampuan penalaran matematika berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa thitung >ttabel yaitu 4,97 > 2,02, artinya hipotesis terbukti yakni kemampuan penalaran matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Kemampuan Penalaran Matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011