Penulis / NIM
MOHAMAD NUR / 411409074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Mohammad Nur. 2014. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Ketidak Tuntasan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika (Suatu Penelitian di SMP Negeri 2 Telaga). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa faktor-faktor penyebab ketidak tuntasan belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ketidak tuntasan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga dalam mata pelajaran Matematika pada Ujian Akhir Semester.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Mendiskripsikan faktor-faktor penyebab ketidak tuntasan belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas VIII SMP pada Ujian Akhir Semester. Untuk menganalisis data tentang faktor-faktor penyebab ketidak tuntasan belajar di gunakan angket.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi ketidak tuntansan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga adalah faktor internal yang berpengaruh terhadap ketidak tuntasan belajar matematika adalah motivasi, konsentrasi belajar, kesiapan siswa, metode mengajar, dan tugas/pekerjaan rumah sedangkan faktor eksternal lingkungan sosial dan lingkungan non sosial.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni faktor yang mempengaruhi ketidak tuntasan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga dalam mata pelajaran matematika pada ujian akhir semester terbagi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci. Ketidak Tuntasan Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Download berkas