SKRIPSI

Penulis / NIM
MARINI ROSVIANTY DUNGGA / 411409078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK Marini Rosvianty Dungga. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Dimensi Tiga”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) pada materi jarak dalam ruang dimensi tiga di kelas X-B SMA Prasetya Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-B SMA Prasetya Gorontalo, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 14 dari 22 siswa (63,6%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan persentase kegiatan guru mencapai 83,9% dan kegiatan siswa mencapai 81,8% pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil yang belum mencapai indikator kinerja pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa 19 dari 22 siswa (86,4%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi dimensi tiga akan meningkat jika diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X-B di SMA Prasetya Gorontalo”. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kritis.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011