Penulis / NIM
ROSNAWATI SOLEMAN / 411409081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
Rosnawati Soleman. 2013. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Suwawa. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd; dan Pembimbing II: Drs. Franky A. Oroh, M.Si.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Suwawa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian ini dimaksud untuk mengetahui bagaimana deskripsi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. dengan populasi seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 101 siswa, dijadikan sampel sebanyak 20% atau 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa pada indikator (1) memiliki latar belakang memperoleh 80,43%; indikator (2) memiliki pendidikan formal yang cukup memperoleh 68,98%; indikator (3) ketrampilan dan kemampuan bersosialisasi; indikator (4) mampu mengendalikan diri memperoleh 69,56%; indikator (5) memiliki pengetahuan yang cukup memperoleh 75,94%; indikator (6) memiliki mental dan fisik yang menunjang penampilan memperoleh 73,04%; indikator (7) optimis memperoleh 64,17%; dan indikator (8) bersikap dan berpikir positif memperoleh 81,30%.
Kata Kunci: kepercayaan diri siswa
Download berkas