SKRIPSI

Penulis / NIM
ALVAN MOHAMAD MARALI / 411409082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
Alvan Moh. Marali (411409082). “Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik pada Siswa Kelas VIII Di SMP N 1 Kabila Bone Melalui Kegiatan Pembelajaran Eksplorasi.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran eksplorasi dan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Kabila Bone pada tahun ajaran 2012/2013 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian ini berjumlah 46 siswa, 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik simple random sampling pada siswa kelas VIII. Kemampuan komunikasi matematik diukur dengan menggunakan tes essay yang terdiri dari 5 soal uraian, dengan koefisien reliabilitas 0,77. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran eksplorasi lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pendekatan pembelajaran eksplorasi berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa (thitung = 2,156 > ttabel = 2,02). Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Pendekatan pembelajaran eksplorasi berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, dan (2) Kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran eksplorasi lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Eksplorasi, Kemampuan Komunikasi Matematik.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011