Penulis / NIM
EWIS DHARLIA MANE / 411409083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
Ewis Dharlia Mane.2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. (suatu penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga pada pokok bahasan peluang). SKRIPSI. Jurusan P[endidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Prof Dr. H. Sarson W.Dj.Pomalato, M.Pd. Dr. Abdul Djabar Mohidin,M.PD.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada materi peluang.
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII AMP Negeri 1 Telaga tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 128 orang dan tersebar dalam 6kelas. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. berdasarkan hasil random, kelas VII.5 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme sedangkan kelas VII.4 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional.
pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar yang berbentuk essay. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil belajar matematis dalam besaran-besaran statistik seperti rata-rata (mean), nilai tengah (median), nilai yang paling banyak muncul (modus), simpangan baku (standar deviasi), dan menggambarkannya dalam bentuk tabel distribusi frekuensi histogram. sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 5,18 > Ttabel = 1,68 artinya hasil belajar matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme lebih baik dari pada hasil belajar matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada materi peluang.
Download berkas