Penulis / NIM
SRIMULTINA M. MAUMBU / 411409088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Sri Multina M. Maumbu, NIM. 411409088. “DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP BENTUK ALJABAR DALAM MIND MAPPING SISWA KELAS VII SMP N 3 GORONTALO TAHUN AJARAN 2012/2013”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pemahaman konsep bentuk aljabar dalam mind mapping siswa kelas VII SMP N 3 Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik penarikan sampel Arikunto dipadukan dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan melakukan dua cara pengumpulan data, yang pertama pemberian tes soal; yang kedua pemberian tugas membuat mind mapping. Hasil penelitian menunjukan dengan adanya teknik pencatatan mind mapping ini, siswa lebih mudah memahami keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lain, karena dengan pencatatan tersebut siswa mencatat sesuai dengan kreasi mereka masing-masing sehingga mereka lebih untuk mengingatnya.rata-rata pada siswa yang gambar mind mapping-nya tergolong dikelompok tinggi pemahaman konsepnya juga tergolong pemahaman konsep tinggi. Simpulan yang diperoleh dari penelitan ini adalah subjek yang memiliki pemahaman konsep bentuk aljabar tinggi pembuatan mind mapping-nya sudah benar sesuai dengan yang diperintahkan. Hal ini juga terjadi pada subjek yang memiliki pemahaman konsep bentuk aljabar sedang pembuatan mind mapping-nya juga tergolong pada kelompok sedang.
Kata Kunci : Mind mapping, Bentuk aljabar, Pemahaman konsep.
Download berkas