Penulis / NIM
FIHIRRUDDIN ISHAK ABD JABAR / 411409090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
Fihirruddin I. Abd. Djabar. 2015. PeningkatanPrestasiBelajarMelaluiPenerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Student Team Achievement Divisions (STAD) PadaMateriPokokBahasanBarisan Dan Deret Di Kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa. Skripsi Program Studi S1 JurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UniversitasNegeriGorontalo.Pembimbing I Drs. Yamin Ismail, M.PddanPembimbing II Dra.KartinUsman, M.Pd.
PermasalahandalampenelitianiniadalahApakah dengan penerapan model pembelajarankooperatiftipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa pada pokok bahasanbarisandanderet akan meningkat?Tujuanpenelitianiniadalahuntuk meningkatkanprestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri I Suwawapada pokok bahasan barisan dan deret melalui model pembelajarankooperatiftipeStudent Team Achievement Divisions (STAD).
Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasanbahwaterjadi terjadi peningkatan prestasi belajar siswa di Kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa setelah diterapkan model STAD pada materi barisan dan deret.Hal inidapatdilihatpadapelaksanaanpenelitiantindakankelassampaimencapaiduasikluskarenapadasiklus I kegiatanpembelajaranmelaluipenggunaanmodel Student Team Achievement Divisions(STAD)belummencapaiindicatorkinerjapenelitian.Setelahdiadakanrefleksi, dimana proses pembelajarantelahdiadakanpembaharuanpelaksanaantindakanpadasiklus II, makaprestasibelajarsiswameningkat, sehinggapenetapanhipotesistindakanpenelitianterbuktidandapatditerimasecarailmiah.
Kata kunci : Prestasi BelajardanModel STAD
Download berkas