SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL MUKTI HANASI / 411409091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK Abdul Mukti Hanasi. 2013. Pengaruh Penerapan Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visulization, Intellectually) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Lailany Yahya, M.Si. Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran berbasis multi indrawi yaitu Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga yang diajar dengan menggunakan pendekatan SAVI dan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Telaga dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Posttest-Only Control Group Design dengan pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Simple Random Sampling. Data yang digunakan adalah data kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan segitiga. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pendekatan SAVI lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa ini ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan SAVI yaitu 59,00 lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Konvensional yaitu 39,273. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima dan penggunaan pendekatan pembelajaran SAVI dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif bagi siswa. Kata Kunci : Pendekatan SAVI. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011