SKRIPSI

Penulis / NIM
ATUN UMAR / 411409096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Atun Umar, NIM . 411409096 “Pengaruh Model Pembelajaran Cooverative Learning Type Numbered Head Together (Nht) terhadap penguasaan matematika siswa Kelas XI SMK Gotong Royong Telaga”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui perbedaan penguasaan matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model cooverative learning type Numbered Head Together (Nht) dan model pengajaran langsung (Direct Instruction) pada materi keliling dan luas daerah bangun datar pada siswa kelas XI SMK Gotong Royong Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMK Gotong Royong Telaga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster simple Random Sampling. Sampel yang terpilih kelas XI atph-3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooverative Learning Type Numbered Head Together (Nht) dan kelas XI atph-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang yang diajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung (Direct Instruction). Data penelitian diperoleh dari instrumet tes penguasaan matematika siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendapatkan gambaran umum yang diperoleh melalui daftar distribusi frekuensi dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penguasaan matematika siswa diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooverative Learning Type Numbered Head Together (Nht) lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pengajaran langsung (Direct Instruction) pada materi bangun datar Kata kunci : Numbered Head Together (Nht), Penguasaan Matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011