SKRIPSI

Penulis / NIM
ARVITO / 411409100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
ABSTRAK ARVITO, 411409100. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Suatu Penelitian Eksperimen pada Siswa X di MA NURUL BAHRI KABILA BONE). Jurusan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X MA Nurul Bahri Kabila Bone Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari tiga kelas. Sebelum menentukan kelas atau sampel yang akan mendapat perlakuan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dan pembelajaran langsung, Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Simple random sampling.. Langkah-langkah penentuan sampel sebagai berikut: Pada tahap I dipilih dua kelas secara random dari tiga kelas X sebagai kelompok yang akan diberikan perlakuan. Pada Tahap II , kedua kelas yang terpilih yaitu kelas X1 sebagai kelas kontrol dan X2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, pada materi dimensi tiga. Siswa yang mendapat pelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT terlihat aktif dalam proses belajar, dan lebih mampu membangun gagasan, ide, dan konsep matematika, sehingga siswa dapat memiliki konsep atas topik matematika. Selain itu, mereka juga dapat mengembangkan keahlian-keahlian yang mereka miliki karena mengetahui akan pentingnya komunikasi dalam memecahkan masalah-masalah matematika. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Kooperatif tipe NHT
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011