SKRIPSI

Penulis / NIM
OLHA HULALATA / 411409104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK OLHA HULALATA. Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuab Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan MatematikaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Penelitian ini berdasarkan pada kenyataan bahwa pada umumnya hasil belajar siswa pada matta pelajaran matematika masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Discovery dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional pada materi persegi dan persegi panjang pada siswa kelas VII SMP. Penelittian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tibawa. Dari populasi diambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan VII 7 sebagai kelas kontrol. Hipotesis penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Langkah awal yang dilakukan pada pengujian hipotesis adalah melakukan pengujian normalitas data terhadap data yang terkumpul untuk memastikan bahwa data tersebut berdistribusi normal sehingga pengujian hipotesis dapat menggunakan satistik parametrik. Pengujian normalitas data dilakukan dengan menggunakanuji Liliefors dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = k-1. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan L0 < Ldaftar yang berarti data yang berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 - 2). Dari data hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung> t tabelyang berarti hipotesis penelitian "kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional". Hal yang dilihat dari hasil penelitian ini adalah hasil kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Discovery lebih baik dari pada siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pengaruh Metode Discovery ABSTRACT OLHA HULALATA. The Influence of Discovery Method toward the Students' Creative Thingking Ability of Math. Skripsi. Gorontalo. Department of Mathematic Education, Faculty of mathematic and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. The research was based on the reality that generally, the students' achievement in mathematic subject was relatively low. The research aimed to find out the difference between the students' learning achievement who was taught by applying Discovery method and students who were taught by applying conventional learning in square and rectangle material at class VII of SMP Negeri 1 Tibawa. The research was an experimental research in which the population was all students of class VII of SMP Negeri 1 Tibawa. From population, it was taken 2 classes as samples which were class VII 4 as experimental class and class VII 7 as control class. The hypothesis research was "The students' creative thingking ability of math by applying Discovery Method was higher than students' creative thingking ability of math by applying conventional learning". The first stage, which was done in hypothesis test, was to do the data normality test toward the collected data to ensure that the data were distributed normally, so that the hypothesis tes could use parametric statistical. Data normality test was done by using Lilifors test with significant level was 0,05 and degree of fredoom = k-1. The result of hypothesis test was by using L0 ttable. It meant that the hypothesis which stated "the student" creative thinking ability of math by using Discovery method is higher than student' creative thinking ability of math by using convetional learning." The result showed that the students' creative thinking of math by using Discovery method was better than student who was taught by conventional learning. Keywrods: Creative Thinking Ability, The Influence of Discovery Method.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011