Penulis / NIM
SUKARNO MOKODOMPIT / 411409105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Sukarno Mokodompit, 2016. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, S.Pd, MPd, (2) Dra. Lailany Yahya, M. Si.
Kemampuan komunikasi matematis adalah suatu ketrampilan penting dalam matematika yaitu kemampuan untuk mengekspresikan ide - ide matematika secara koheren kepada teman, guru dan lainnya melalui bahasa lisan dan tulisan. Melalui kemampuan komunikasi matematis siswa dapat mengembangkan pemahaman matematika bila menggunakan bahasa matematika yang benar untuk menulis tentang matematika, mengklarifikasi ide - ide dan belajar membuat argumen serta merepresentasikan ide - ide matematika secara lisan, gambar dan simbol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis atau menggambarkan kemampuan komunikasi matematis siswa MTs Negeri Gorontalo pada materi operasi aljabar. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah Kemampuan menyatakan ide secara tertulis dalam memberikan jawaban permasalahan matematika, Menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau symbol matematika, Kemampuan memodelkan permasalahan matematika secara benar, kemudian melakukan perhitungan untuk mendapatkan solusi secara lengkap dan benar. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes tertulis (esai) untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII"8 MTs Negeri Gorontalo yang telah selesai menyelesaikan materi operasi aljabar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa-siswa dalam menyelesaikan persoalan operasi hitung aljabar masih tergolong rendah hal ini terlihat dari rata-rata hasil test siswa yang hanya memperoleh 44,2%. Hal ini dikarenakan siswa cenderung melupakan konsep-konsep yang diberikan oleh guru, sehingga mengalami kesulitan dalam dalam mengkomunikasikan soal yang diberikan.
Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Operasi Aljabar.
Download berkas